Harga Vaksin Kucing Terbaru

Posted on

Harga Vaksin Kucing – Berbicara mengenai hewan yang satu ini, mungkin kucing merupakan salah satu hewan yang menempati urutan teratas paling banyak untuk di pelihara. Sifatnya yang lucu, menggemaskan dan jinak inilah yang menjadi beberapa alasan mengapa hewan ini banyak dipelihara. Selain itu hewan ini juga dikenal mempunyai daya intelegensi cukup tinggi sehingga dapat dilatih belajar keterampilan.

Layaknya hewan lainnya kucing juga tidak menutup kemungkinan untuk terserang penyakit, baik itu yang disebabkan oleh bakteri ataupun virus. Lalu bagaimana cara mencegah agar kucing kesayangan anda terhindar dari penyakit? Nah, cara yang tepat anda harus melakukan vaksinasi pada si kucing, tetapi sebelum memberikan vaksin pastikan hal berikut ini pada kucing anda:

– Suhu tubuh kucing normal.

– Tidak sedang di steril.

– Tidak sedang beringus (mukosa kering).

– Kucing bebas dari cacingan.

Langkah vaksinasi adalah kegiatan umum yang dilakukan agar kucing tetap dalam keadaan yang baik khususnya pada masa perkembangan dan pertumbuhan. Vaksin pada kucing dilakukan dengan cara memasukkan cairan melalui suntikan, isi suntikan vaksin tersebut bermacam-macam dan biasa hal ini juga memberikan efek yang berbeda-beda terhadap masing-masing kucing.

Efek yang umum terjadi setelah diberikan vaksin, kucing akan mengalami gejala gatal-gatal, demam hingga muncul bengkak pada bagian-bagian tubuhnya dan biasanya setelah diberikan vaksin ini kucing akan bertingkah sedikit beda, bahkan ia juga bisa menjadi pendiam ataupun lebih galak dan efek terburuknya hingga pingsan, memang hal ini jarang terjadi namun tidak semua kucing akan mengalami. Oleh karena itu jangan mudah tergiur dengan harga vaksin yang murah jika akhirnya membuat kucing anda dalam keadaan buruk.


Lalu, bagaimana dengan manfaat vaksin kucing ini? Vaksin mempunyai manfaat agar kucing terhindar dari serangan penyakit yang berbahaya, diantaranya seperti polio, clamidya, typhoid, tetanus, feline panleucopenia, feline calcivirus hingga rabies. Selain itu juga bermanfaat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan si kucing peliharaan anda.

Ada beberapa jenis vaksin yang dapat diberikan untuk kucing peliharaan anda. Nah berikut ini informasi jenis vaksin beserta masing-masing harganya, yuk simak!

  1. Vaksin Tricat

Vaksin ini diberikan untuk kucing yang berumur 8-10 minggu, sebelum memberikan vaksin sebaiknya kucing diperiksakan terlebih dahulu ke dokter. Vaksin ini berguna untuk menghindarkan dari penyakit feline panleucopenia, feline calcivirus dan feline rhinotracheitis. Untuk harga vaksin ini berkisar antara Rp 80.000 sampai Rp 150.000.

  1. Vaksin Tetracat

Vaksin ini diberikan untuk kucing berumur 8-14 minggu.  Tidak jauh berbeda dengan vaksin tricat, namun yang membedakan dalam hal fungsi. Selain menghindarkan kucing dari penyakit feline panleucopenia, feline calcivirus dan feline rhinotracheitis, vaksin tetracat ini juga berfungsi mencegah penyakit clamdia. Harga dari vaksin ini mulai Rp 170.000 hingga Rp 200.000

  1. Vaksin Rabies

Vaksin ini diberikan untuk kucing berumur 20 minggu, berguna untuk mencegah penularan rabies. Rabies sendiri akan menyerang sistem kekebalan tubuh kucing dan mudah sekali menular pada siapa saja yang melakukan kontak langsung dengannya, oleh karena itu jika kucing anda terkena rabies upayakan anda selalu menggunakan sarung agar tidak terkena gigitan atau air liurnya. Sementara harga vaksin rabies berkisar antara Rp 30.000 sampai Rp 100.000.

Itulah beberapa penjelasan mengenai vaksin untuk kucing berdasarkan umurnya beserta harganya yang memang harus diberikan supaya kucing anda terhindar dari penyakit. Tidak hanya memberikan vaksin, anda juga harus memberikan makanan bergizi, serta jangan lupa menjaga kebersihan badannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Disclaimer: Harga Vaksin Kucing bisa berubah setiap saat.

Gambar Vaksin Kucing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *