Tips Memilih Jenis dan Harga Kelinci Terbaru

Posted on

Tips Memilih Jenis dan Harga Kelinci Terbaru –¬†Kelinci merupakan hewan mamalia berbulu dan berkaki empat yang lucu, tidak hanya sebagai hewan peliharaan dan hewan pedaging. Biasanya, kelinci yang digunakan sebagai hewan peliharaan berpostur kecil dan lucu, sedangkan kelinci yang digunakan sebagai konsumsi memiliki postur besar dan gemuk. Saat ini terdapat banyak jenis kelinci yang beredar dan di ternakkan di Indonesia. Selain imut-imut dan menggemaskan, kelinci juga memberikan sifat menyenangkan untuk para pemiliknya. Nah, untuk anda yang ingin membeli kelinci sebaiknya mengetahui terlebih dahulu berbagai harga jenis kelinci secara pasaran dan bagaimana cara memilih kelinci yang baik dan bagus agar anda tidak rugi nantinya.

Pada umumnya kemahalan harga kelinci tersebut tergantung bagaimana kelinci tersebut. Ada beberapa pertanyaan yang bisa anda gunakan sebagai pertimbangan saat membeli kelinci yakni apakah kelinci itu memiliki kelayakan untuk dijual?, apakah berkualitas?, memiliki sertifikasi pedigree?, apakah kelinci tersebut sudah di vaksinasi?, dan apakah memiliki jenis pola warna yang menarik? Jika kelinci memiliki semua keunggulan tersebut, maka dapat dipastikan harganya lebih mahal. Nah, mungkin anda bingung bagaimana sih cara memilih kelinci yang berkualitas? Berikut ini tips-nya, yuk simak.

  1. Lihat Bagian Kaki

Sebelum membeli kelinci untuk memastikan apakah berkualitas atau tidak, lihat pada bagian kakinya karena kelinci yang berkualitas pasti mempunyai bentuk kaki tegak layaknya seperti kaki kuda. Perlu di ketahui bahwa bentuk kaki yang kurang baik yakni kaki yang berbentuk melebar kearah luar dan berbentuk seperti huruf “O”, nah hal ini lah yang menurunkan kualitasnya.

  1. Lihat Bagian Wajah

~ Mata

Kelinci yang dalam keadaan sehat dan prima akan memiliki sorot mata tajam dan tidak sayu.

~ Hidung

Sebab jika di bagian hidung kelinci terdapat air atau ingus, bisa dipastikan kelinci tersebut dalam keadaan tidak sehat (flu).

~ Telinga

Telinga kelinci yang baik adalah telinga yang berbentuk tegak dan berdiri pada kedua bagiannya, kecuali untuk kelinci jenis loop sebab ciri fisik yang di milikinya tidak tegak dan tidak panjang.

~ Gigi

Perlu juga anda perhatikan pada bagian giginya, sebab kelinci yang baik dan berkualitas pastinya bergigi taring yang kokoh tetapi tidak tajam.

  1. Lihat Bentuk Badan

Kelinci yang baik dan berkualitas memiliki bentuk badan yang gempal dan berisi. Coba tidurkan kelinci tersebut dan lihat dari posisi belakang, bentuk badan yang baik akan berbentuk melingkar. Hal ini menunjukkan bahwa kelinci tersebut sehat di karenakan penuh dengan daging, sedangkan untuk bentuk badan kelinci yang kurang baik biasanya memiliki bentuk menyamai segitiga saat dilihat dari belakang ataupun terlihat kurus.

  1. Lihat Bentuk Ekor

Kelinci yang berkualitas akan memiliki bentuk ekor yang lurus dan sejajar dengan tulang belakang serta tegak keatas.


  1. Lihat Ke-aktifan

Lebih baik jika anda memilih kelinci yang aktif namun tidak hiperaktif, kelinci yang aktif akan cenderung memiliki hobi loncat kesana kemari dan senang dengan mainan atau barang. Tetapi, anda juga harus hati-hati dengan kelinci yang hiperaktif (suka menyerang kelinci lain) dan kelinci seperti ini sering dijumpai pada kelinci jantan.

  1. Tidak Penakut (Ramah)

Bagi anda yang suka sekali memelihara hewan ini,sebaiknya pililah kelinci yang tidak penakut terutama dengan manusia. Mudah sekali untuk membedakan kelinci yang penakut dan tidak penakut, coba dekatkan tangan anda di hadapan kelinci, biasanya yang tidak penakut akan mendekati tangan anda. Selain itu, kelinci yang tidak penakut cenderung lebih mudah dalam merawatnya.

Nah, lalu apakah anda sudah siap untuk membeli kelinci yang baik dan berkualitas?, namun bagaimana dengan harga kelinci tersebut? Berikut informasi harga dari beberapa jenis kelinci

Harga Kelinci

Harga yang dimiliki kelinci tergantung dari jenis masing-masing, baik jenis kelinci yang dijadikan peliharaan maupun yang digunakan untuk konsumsi akan memiliki harga yang bervariasi, berikut ini harga jenis-jenis kelinci.

  1. Kelinci Anggora

untuk harga kelinci anakan berusia 1 sampai 3 bulan sekitar 100 hingga 250 ribu, usia 4 sampai 5 bulan sekitar 400 ribu sampai 3 jutaan.

  1. Kelinci Rex

Harga jenis kelinci rex yang berusia 1 sampai 3 bulan sekitar 350 ribu, untuk berusia dewasa (4 sampai 5 bulan) berkisar antara 400 ribu sampai 4 jutaan.

  1. Kelinci Satin

Harga kelinci jenis satin untuk usia 1 sampai 3 bulan sekitar 250  ribu dan yang berusia dewasa berkisar antara 350 ribu hingga 1 jutaan.

  1. Kelinci Polish

Harga Kelinci ini, untuk yang berusia1 sampai 3 bulan sekitar 200 ribu, sedangkan yang berusia dewasa berkisar antara 300 ribu hingga 900 ribu.

  1. Kelinci Tan

Harga Kelinci ini, untuk usia 1 sampai 3 bulan sekitar 250 ribu, sedangkan untuk dewasa sekitar 350 ribu hingga 1 jutaan.

  1. Kelinci Dutch

Harga Kelinci dutch ini untuk usia 1 hingga 3 bulan sekitar 250 ribu dan usia dewasa sekitar 400 ribu sampai 2 juta.

  1. Kelinci Flamish Giant

Harga Kelinci ini yang usianya 1 sampai 3 bulan sekitar 300 ribu, sedangkan yang dewasa sekitar 350 ribu hingga 3 juta.

  1. Kelinci Lion

Harga kelinci ini sekitar 250 ribu untuk yang berusia 1 hingga 3 bulan, sedangkan yang dewasa sekitar 300 sampai 1 jutaan.

  1. Kelinci Hotot

Harga Kelinci hotot, yang berusia 1 sampai 3 bulan sekitar 250 ribu dan untuk usia dewasa sekitar 400 sampai 2 jutaan.

  1. Kelinci Lokal

Harga kelinci Australia sekitar 400 ribu sampai 500 ribu, kelinci lokal di pasaran mencapai 120 ribu sampai 150 ribu untuk sepasang, dan untuk kelinci biasa di hargai sekitar 100 ribuan.

Demikian informasi harga kelinci di atas, semoga bermanfaat untuk anda.

Gambar Kelinci

Incoming search terms:

  • daftar harga kelinci terbaru januari 2018
  • harga kelinci lokal maret 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *