Harga Karet Hari Ini Terbaru

Posted on

Harga Karet Hari Ini Terbaru – Pohon karet merupakan salah satu tanaman yang memiliki manfaat besar dalam kehidupan manusia, bahkan getah karet juga bermanfaat bagi manusia. Mengapa demikian? Untuk pohon karet itu sendiri akan membantu dalam urusan pekerjaan dan untuk getah karet ini memiliki manfaat yang hampir sama dengan Obat Forex, ini artinya mampu mengobati penyakit dalam tubuh sehingga mampu memaksimalkan kembali sehat dan normal.

Pohon karet ini adalah salah satu tanaman yang paling banyak dimanfaatkan di dunia. Manfaat ini mencakup penggunaan getah hingga material kayunya untuk industri furniture. Oleh karenanya di Indonesia, pohon ini termasuk komoditas yang paling penting dalam perdagangan. Daerah yang paling banyak memiliki lahan untuk penanaman karet adalah di Sumatera, Sulawesi , Riau, Kalimantan, dan berbagai kawasan di luar pulau jawa yang banyak dimanfaatkan oleh penduduk hingga perusahaan. Produksi karet banyak digunakan dalam industri-industri barang.

Kayu karet memiliki sifat keras, bersih, awet dan mudah untuk dibentuk. Oleh karenanya produksi karet sangat berguna bagi manusia yakni dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat mebel, seperti meja, kursi dan berbagai jenis produk lain. Tidak sedikit peralatan yang dapat dibuat dari karet misal mulai dari alat transportasi (ban kendaraan) , bahan pembangunan, hingga perkakas dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya itu karet juga bisa digunakan untuk tahanan dudukan mesin, pemakaian lapisan karet pada pintu, kaca mobil, dalam pembuatan jembatan yang berguna sebagai penahan getaran. Bangunan-bangunan makin banyak menggunakan bahan karet, tambang-tambang besar yang mengolah biji besi dan batu bara menggunakan belt yang sangat panjang untuk pengangkutannya dan belt ini terbuat dari karet, banyak pabrik juga menggunakan berbagaimacam belt untuk power transmission belt, pengankut hasil hingga keperluan lainnya. Alas lantai dari karet dapat dibentuk dengan bermacam-macam warna dan desain yang menarik.

Alat-alat rumah tangga sepeti selang air, lem perekat barang, kasur busa hingga peralatan tulis-menulis contohnya penghapus, barang-barang ini juga menggunakan jasa karet. Peralatan olah raga yang juga menggunakan karet. Tak heran bila banyak pemerintah negara yang menimbun karet seperti terjadi dibeberapa negara maju.


Manfaat karet dalam dunia industri Ban contohnya, dalam pembuatan ban tentunya menggunakan bahan dasar karet, pastinya karet yang digunakan pada ban sudah melaui berbagai macam proses untuk menghasilkan produk yang berkualitas

Pada bulan November 2016 harga karet mengalami kenaikan secara perlahan dari 1.3 USD menjadi 1.7 dan pada akhir tahun 2016 menjadi 2 USD. Kenaikan ini juga sudah dirasakan petani karet dengan harga sekitar 8.000-10.000 rupiah, sebelumnya kenaikan ini sudah diharapkan oleh para pelaku usaha mengingat selama beberapa tahun harga karet sangat rendah.

Berdasarkan berita dari KONTAN, yang menjadi faktor penyebab naiknya harga karet adalah adanya pembatasan ekspor karet alam yang dilakukan oleh negara produsen utama yaitu Malaysia, Thailand, Indonesia dan Vietnam. Keempat negara ini merupakan penguasa produksi karet dengan jumblah kolektif produksi mencapai 75%. Namun pembatasan ekspor akan menyisakan masalah jika karet tersebut tidak dapat diserap di pasar domestik negara bersangkutan, oleh karenanya peningkatan penggunaan karet di pasar domestik merupakan solusi untuk mengurangi ketergantungan harga karet terhadap permintaan konsumen internasional.

Selain itu,  pengaruh lain yakni adanya musim hujan yang sedang berlangsung dinegara-negara produsen sehingga menghambat produksi karet. Tidak hanya itu, harga minyak juga mempengaruhi harga karet. Minyak bumi yang  merupakan bahan baku sinstesis harganya naik sehingga harga karet relatif lebih mahal.

Namun, para pelaku industri karet di Indonesia memprediksi bahwa harga karet dunia belum stabil. Diduga kenaikan harga ini hanya sementara hingga kuartal pertama tahun 2017. Ketidakpastian ekonomi yang menjadi alasan kuat hal tersebut.

Harga karet dunia untuk kontrak bulan Februari 2017 relatif menurun pada kisaran USD 2 – 1.9 dibuka pada angka 204.3 UScent/kg. Pada penutupan terakhir harga karet dunia adalah 193.0 UScent. Harga ini mengalami penurunan sebesar 3,6% jika dibandingkan akhir tahun 2016 untuk kontrak bulan yang sama (200.2 UScent), dengan kurs dollar terhadap rupiah pada kisaran angka 13.300 maka harga karet dunia jika dinilai dalam rupiah selama pekan ini sekitar 26.000 – 27.000 Per kg karet kering, dengan asumsi harga biaya pengolahan Rp 3000 maka harga karet nothering pabrik adalah sekitar 23.000-24.000 rupiah. Sedangkan di tingkat petani harga karet sekitar 10.000 rupiah.

Disclaimer: Harga Karet bisa berubah setiap saat.

Gambar Karet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *