Daftar Harga Sawit Terbaru

Posted on

Harga Sawit – Perubahan yang terjadi pada harga Tanda Buah Segar (TBS) cukup tinggi dari sebelumnya. Harga sawit per kg bisa menyentuh Rp. 1.500 di awal semester tahun ini. Bisa dikatakan tahun ini harganya menurun dari tahun sebelumnya, karena menurunnya produksi serta nilai tukar rupiah terhadap dollar sangat menekan importir asal cina dan india untuk mengurangi CPO ke negara mereka.

Untuk itu sebagai akibatnya harga kelapa sawit dari petani ke pengepul sangtalah murah yaitu berkisar Rp. 1000 s/d Rp. 1.200, harga ini bukan harga yang sudah dipatok untuk penjualan TBS ke Pabrik. Pada awal semester ini dibilang cukup baik, pasalnya harga sempat anjlok menyentuh angka Rp. 600 per kg. Dimana menyebabkan para petani yang memanen atau petani lokal menjerit. Sebab beberapa petani dengan tanggungan setoran di bank atau kredit bulanan banyak yang mengeluh.

Harga sawit rata-rata di PKS (Pengolah Kelapa Sawit) /Pabrik biasanya membeli sesuai dengan Tahun tanamnya. Bila usia sudah sampai 10 sampai 20 tahun yang merupakan era emas bagi produksi buah sawit. Nahh maka kita bisa melihatnya sendiri gan kualitas buah, serta minyak yang dihasilkan pada usia ini adalah yang terbaik.

Akan tetapi untuk menjualnya ke pabrik anda harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan oleh SPK seperti kuota pengiriman buah perbulan yang sudah dipatok sekian ton dan harus masuk ke PKS. Karena harga yang diberikan oleh pabrik dan pengepul sangatlah berbeda.

Lalu bagaimanakah harga yang dibanderol sawit saat ini? Harga terbaru sawit akan kami sajikan dibawah ini. Untuk informasi lebih lanjut silahkan terus scroll kebawah, dan anda bisa mengecek daftar harga sawit terupdate.


  • Untuk TBS dari kelapa sawit
  • Umur 3 tahun seharga Rp. 1. 241,32
  • Umur 4 tahun Rp. 1.385,92
  • Umur 5 tahun Rp. 1.482,94
  • Umur 6 tahun Rp. 1.526,78, dan
  • Umur 7 tahun Rp. 1.584,99
  • Umur 8 tahun Rp. 1.634,42
  • Umur 9 tahun Rp. 1.687,05
  • Umur 10 – 20 tahun Rp. 1.733,96
  • Umur 21 tahun 1.692,09
  • Umur 22 tahun harganya Rp. 1.649,55
  • Umur 23 tahun Rp. 1.607,68
  • Umur 24 tahun harganya Rp. 1.590,80 dan
  • Umur 25 tahun dibanderol Rp. 1.523,27

Harga diatas sewaktu-waktu akan berubah tergantung dari kota kalian maupun dari hasil panen serta usianya sendiri gan. Maka dari itu harganya sendiri masih belum stabil, tentunya akan bisa naik maupun turun. Oleh karena itu, wajar saja bila ada sedikit selisih perbedaan mengenai informasi harga sawit yang telah kami sampaikan serta dari kota rekan-rekan maupun dari sumber yang lainnya.

Kelapa Sawit atau Elaies merupakan tanaman industri yang cukup penting dalam menghasilkan minyak goreng, minyak industri dan juga bahan bakar. Kebanyakan kelapa sawit ini kita dijumpai didaerah Kalimantan Barat (KalBar), Kalimantan Timur (KalTim), PekanBaru (Riau), Sumatera, dan Sulawesi. Tentunya disetiap Kota kualitas serta harganya pun juga berbeda.

Tidak heran jika saat ini banyak hutan yang dialih fungsikan menjadi perkebunan kelapa sawit. Hal ini dikarenakan bahwa keuntungan dalam menanam kelapa sawit terbilang sangat besar. Indonesai sendiri merupakan jajaran Negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia.

Selain itu kelapa sawit ini juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia diantaranya yaitu sebagai minyak goreng, campuran bahan bakar biodesel, pelumas, pembuatan mentega, pembuatan pomade, pembuatan lotion dan juga cream kulit, membantu mendinginkan kulit yang terkena luka bakar, menetralisir rasa pedas, bahan baku pembuatan pembuatan cat serta pasta gigi, dan masih banyak lagi.

Terdapat begitu banyak manfaat yang dimiliki oleh kelapa sawit ini, maka dari itu para pabrik juga memburunya yang salah satunya bisa dijadikan bahan baku untuk diproduksi.

Gambar Sawit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *